Tuesday, March 6, 2012

#Travel: Paris


Siapa sih yang ga tau Paris?! Semua orang tau, terkenal dari Eiffel tower sampe ke suasana romantisnya yang selalu diomongin banyak orang. Setelah 9 tahun, akhirnya gw bisa ke Paris lagi Oktober 2011. Semenjak gw di Eropa, ini kali pertama gw bener-bener travelling. Gw pergi cuma berdua, tapi trus janjian ama temen satu lagi, dan nginep di residence temen gw satu lagi. Walo mungkin udah banyak review tentang Paris, tapi menurut gw Paris selalu punya kesan yang beda-beda untuk setiap orang.


#1: Yang biasa-biasa ampe yang luar biasa
Yang jelas ke Eiffel Tower, Louvre, Moulin Rouge dan semua-semua yang standard. Yang ga standard? Dengan bangganya gw berhasil ke semua kuburan terkenal di Paris! Sebenernya pas Oktober cuma dua yang gw kunjungi: Cimetière de Montmartre ama Cimetière du Montparnasse, tapi yang satunya Cimetière du Père Lachaise berhasil gw kunjungi awal tahun ini. Gatau kenapa seneng banget gw, mungkin karena di Indo kuburannya bikin gw serem abis jadi ga pernah brani, kalo di Paris bagus-bagus, ga (gitu) serem, walo agak mrinding pas di Cimetière de Montmartre.
Trus yang seru abis ke Les Catacombes, yang isinya tengkorak-tengkorak, asli ga serem banget kok, cuma aneh dan unik abis.
Yang gw rekomendasiin kalo ke Paris, nonton: How to be a Parisian in one hour. Bikin ngakak dan dalam bahasa Inggris! Tapi 18+ yah ini :P

Pantesan ga serem kan di kuburan

#2: Yang jauh amat
L' Hay Les Roses, uda pernah denger? Gw juga belum pernah, sampe ikutan program kuliah ini. Ini salah satu tempat di Paris, pinggiran gitu, tempat tinggalnya temen-temen gw yang kuliah di Paris. Buset yah ini tempat jauh abis dari central Paris. Bayangin aja, musti naek metro, ganti 2 kali, trus musti nungguin bis, total bisa 1 jam-an. Dan bayangin temen-temen gw yang malang ini musti bolak-balik tiap hari ke kampus! Tapi ga complain juga sih, di Indo bisa lebih parah kali ya, dulu temen kantor gw ada yang Lebak Bulus - Bekasi naek bus, ga tau lebih enakan bus patas di Indo ato metro tua empet2an di Paris.

#3: Yang tak terlupakan
Yang gw inget sampe sekarang (saking dendamnya), gw ga trima abis, berasa dirampok! Pas ke Jardin des Plantes, ada anak-anak remaja gitu yang nyodorin kayak leaflet yang intinya nyari duit buat charity, tapi mereka BOONG BANGET dan mereka bener-bener agresif sampe gw harus ngerelain duit gw ke mereka. Satu tip, mereka banyak di Paris dan jangan sampe mau ditodong kayak gw, itu ga bener dan boong.

Abis beli es krimm ditodong

#4: Jadi?
Jadi...Paris itu bagus, romantis (sayang banget gw jomblo huhuks!), nyeni TAPI gw ga mau deh kalo suruh tinggal di Paris. Mau gimana-gimana, namanya juga capital city kliatan kalo orangnya lebih cuek-cuek, contoh: kalo di Nantes mw nyebrang jalan pasti mobil berhenti, di Paris mah kita musti nungguin ampe tuh orangnya jadi ijo baru bisa nyebrang. Setelah 4 hari liburan di Paris, gw seneng banget bisa pulang ke Nantes, kota kecil nan imut gw :)


No comments:

Post a Comment